Jalan Bareng Riky

Follow Me

Serunya 'Body Rafting' di Sungai Citumang

By  RikyFaz     Selasa, Oktober 09, 2012    Label: TripnFUn, Foto, Video,,,,

Saya mau main di air sungai tapi di mana ya....??

Gak mungkin Saya menceburkan diri ke dalam sungai ciliwung di jakarta. Kemungkinan yang ada tenggelam atau badan jadi gatal-gatal. Cuma mereka yang kuat aja sama efek sungai (kali) Ciliwung. ataupun karena keterpaksaan, ya jadi mau gimana lagi, selain menggunakan air dari Ciliwung.

Berangkat lah Saya ke sungai Citumang

Sungai Citumang adanya di daerah desa Bojong, Pangandaran, Jawa barat. Kira-kira kalo dari kota Pangandaran bisa memakan waktu satu jam lah naik motor.

Naik bis dari kampung Rambutan di Jakarta Saya menuju Ciamis terlebih dahulu, karena mau minjem motor. Nanti dari Ciamis dilanjutkan perjalanan ke Batu Karas, setelah itu lanjut lagi ke sungai Citumang yang cuma memakan waktu 20 menit perjalanan.

Lama perjalanan Jakarta-Ciamis 6 jam dan perjalanan Ciamis-Batu Karas 2 Jam perjalanan.

Kalo rute paling gampangnya dari Jakarta naik bis jurusan Jakarta-Pangandaran bisa dari lebak bulus atau pun Kampung Rambutan paling tiketnya berkisar 40-60 ribu, tergantung naiknya kelas apa. Setelah tiba di Pangandaran naik angkot jurusan Citumang atau bisa naik ojek bebas pilih aja.

Sungai Citumang merupakan tempat wisata body rafting dan blom ada penginapan di sini, makanya Saya menginap di Pantai Batu Karas yang udah tersedia banyak sekali penginapan mulai dari homestay sampai hotel Javacove yang direkomendasiin oleh Lonely Planet. Kalo Saya sih nginepnya di Shelter Homestay di Batu Karas. Tempatnya deket banget sama pantai. Paling banyak 20 langkah udah nyampe pantai. Harga Penginapan berkisar dari 250 ribu hingga 2 juta mau yang mana silahkan di pilih-di pilih aja.

Sampe di Batu Karas jam 8 Malam, maklum aja karena bis yang membawa Saya dari Jakarta Mogok di dalam tol. Saya aja sampe ketiduran di bis. Lama banget mogoknya. Akhirnya Saya harus dipindahin ke bis yang lain. Apes banget. Padahal Saya udah nyaman banget sama bis sebelumnya, bisa tiduran, bantal bebas mau ambil berapa aja. Penumpangnya lagi sepi. Nah pas di pindahin ke bis satunya lagi, bisa duduk aja udah untung. emang nasib.

Parkir motor di homestay gue ketemu sama penjaganya. orangnya asik banget. Saya manggilnya Abang. Sekilas ini orang udah mirip kaya singa. rambut keemasan, muka sangar. Mungkin dia termasuk Singa ala manusia.

Dibikinin lah omlet dari mushroom sama Abang. Jamur Batu Karas terkenal ganas dibandingkan Bali. ukurannya jamur Bali kalah jauh sama jamur Batu Karas. Gak ada apa-apanya jamur Bali sama Batu Karas. Makan omlet jamur ajaib bareng nasi goreng mantab banget lah rasanya.

Selesai makan, efek jamur mulai mempengaruhi. Mulut bawaannya jadi nguap-nguap mulu. ngantuk-ngantuk gimana gitu tapi kalo dibawa tidur gak bisa. Mata cuma merem aja otak melayang-layang seru. Efek udah mulai berasa, Saya jalan ke pantai buat santai-santai bakar rokok. Nyalain korek ngeliat apinya jadi gede banget. bikin api unggun apinya berubah. Dan yang paling keren, apinya berubah jadi berbentuk setan versi barat. Tanduk sama mukanya keren banget. Tapi Saya bawaannya ketawa-ketawa mulu.

Cape di pantai, Saya masuk kamar. Di dalam kamar rasanya kaya menyempit. Dinding-dinding kamar yang terbuat dari rotan seakan menyempit bahkan atapnya udah kaya mau runtuh Saya sih cuma ketawa-ketawa aja. Ya maklum lah efek dari jamur ajaib. Kalo yang gak kuat jangan ditiru. Ini hanya untuk yang bisa mengatur porsinya saja. Bukan untuk pemakaian rutin.

Akhirnya pagi datang. Saatnya Saya menuju Sungai Citumang. Dengan motor sewaan 40 ribu Saya pergi ke Sungai Citumang yang cuma 20 menitan dari Batu Karas.

Lepas baju ganti dengan life jacket, bakar ganja langsung nyebur ke sungai.

Saya suka dengan tantangan dan adrenalin lompat dari akar-akar dengan ketinggian mungkin mencapai empat lantai. Saya gak bawa meteran jadi susah ngukurnya. Ini seru banget.

Nama Citumang lahir dari aliran hulu sungai yang keluar dari goa kemudian jatuh lalu membentuk curug (air terjun), namun di balik curug tersebut, terdapat sebuah gua yang cukup luas yang letaknya persis dibawah permukaan sungai yang berada di atasnya. Aliran air yang berada di atas gua di sebut (numpang) sedangkan ci di ambil dari kata cai yang berarti air. Namun masyarakat setempat lebih suka menyebutnya sungai Citumang dibandingkan dengan sungai Citumpang.

Saya juga merasakan bermain dibawah goa yang ada di sungai Citumang. Keren oi....

Selepas bermain-main di dalam goa, Saya serahkan badan sama sungai Citumang. Biarkan hanyut bersama arus lembut khas sungai Citumang. Bebatuan cantik, nyanyian  burung di tambah suara gemercik air udah kaya backsound yang sempurna menemani perjalanan gue mengarungi sungai Citumang.

Airnya jernih banget, asik lah buat bermain-main air di sungai Citumang. Warna air yang kadang berubah menjadi hijau menambah perjalanan menjadi lebih seru. Belum lagi akar-akar pepohonan yang kadang mencegat perjalanan gue melintasi sungai. menjadikan pemandangan yang indah untuk disaksikan.

Satu jam lebih Saya melintasi sungai dengan body rafting di Citumang. Arus lembut menghanyutkan, membawa badan dan otak gue rileks untuk sementara. #Rekomendasi

di Sungai Citumang bisa body rafting loh

Di bawah air terjun ada goa

About RikyFaz

Menikmati bagian dari hidup.